NEW AGENT ORIENTATION

NAO
NEW AGENT ORIENTATION

TUJUAN NAO:
1.Untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada FA (Financial Advisor) baru mengenai bisnis Asuransi yang sesungguhnya.
2.Membuka pemikiran FA baru bahwa mereka tidak salah memilih profesi dan mereka tidak salah memilih perusahaan ASURANSI yaitu PANIN LIFE.
3.Menginformasikan mengenai persiapan-persiapan apa yang harus mereka lakukan supaya mereka bisa berhasil di bisnis PANIN LIFE ini karena modal setiap orang di PANIN LIFE adalah sama yaitu Waktu dan diri sendiri.

PERALATAN TRAINING YANG HARUS DISIAPKAN :
1.Info Pack
2.Daftar Self Office Administration (SOA)
3.Daftar Buku kaset
4.Contoh bolpoin yang eksklusif dan yang jelek
5.Formulir SPAJ (surat permohonan asuransi jiwa)
6.Tiket acara-acara BRIDGE terdekat
7.BRIDGE Support, Brosur Warta Ekonomi
8.Tambahkan semua contoh2 pada persiapan peralatan

I.Apa itu ASURANSI?
Asuransi dalam bahasa Inggris adalah Insurance, berasal dari kata INSURE yang berarti memastikan atau memberikan Jaminan.
Asuransi adalah Suatu pelimpahan resiko (Risk Transfering) atas kerugian keuangan (Financial Loss) dari Tertanggung kepada Penanggung sebagai akibat dari resiko SAKIT, KECELAKAAN, atau MENINGGAL.

Bukti & fakta yang menunjukan potensi bisnis asuransi :
I.Warta ekonomi 26 maret 2001, yang berjudul Profesi-Profesi Termahal, jalur cepat menjadi milyarder–asuransi termasuk di dalam 10 profesi termahal dengan perkiraan pendapatan antara 1 Miliar sampai dengan 2 Miliar pertahun
II.Warta ekonomi 27 agustus 2001, yang berjudul 17 Bisnis yang Booming – ada 17 Bisnis yang mengalami pertumbuhan luar biasa, salah satu di antaranya adalah bisnis asuransi jiwa
III.Club MDRT (Million Dollar Round Table) adalah club international bergengsi yang terdiri dari para milyuner dari bidang asuransi di seluruh dunia, yang hanya dapat di hadiri oleh Agent yang masuk kualifikasi MDRT.

Alasan mengapa orang memilih karier sebagai agen asuransi:
1. Pendapatan luar biasa:
Saat ini sudah sangat banyak orang yang berhasil mendapatkan penghasilan jutaan, puluhan juta, bahkan ratusan juta setiap bulannya. Hal ini menunjukkan bahwa asuransi merupakan bidang usaha yang mempunyai potensi besar dan telah mencetak banyak orang-orang berhasil. Dengan demikian, warta ekonomi memasukkan Asuransi di dalam 10 profesi termahal pada edisi 26 maret 2001.
2. Kepuasan karena bisa membantu banyak orang:
Ada kepuasan yang akan kita rasakan, disaat nasabah kita mendapatkan manfaat perlindungan asuransi yang ada. Biaya pengobatan RS dijamin, mendapatkan uang pengganti karena pemegang polis tidak dapat bekerja, dana perlindungan pada saat ada anggota keluarga yang meninggal, dan sebagai persiapan dana pensiun. Kepuasan bisa kita dapatkan karena bisa membantu banyak orang untuk berjaga-jaga dan mempersiapkan perlindungan keuangan untuk masa depan mereka.
3. Tidak dibutuhkan investasi yang besar:
Untuk menjadi FA, tidak diperlukan modal yang besar karena Tempat, Fasilitas Training, dan Karyawan telah tersedia. Sehingga tidak ada resiko bagi FA di dalam menjalankannya
4. Bisa menjadi profesi untuk jangka panjang
Terbukti dengan banyaknya FA yang berhasil dan telah menjalani profesi ini selama puluhan tahun. Berarti profesi ini bisa dijalankan untuk jangka panjang, ditambah dengan peningkatan yang sangat pesat pada jumlah orang-orang yang berhasil, hal ini menunjukkan potensi bisnis ini sangat luar biasa
5. Pengembangan Kepribadian:
Adanya Support system BRIDGE akan membuat pertumbuhan kepribadian, pengetahuan, sikap dan mental para FA sehingga akan terbangun dengan baik. Proses berinteraksi dengan banyak orang akan menimbulkan kepekaan, perhatian, dan keperdulian kita di dalam memenangkan hati para klien kita.
6. Bekerjasama secara patnership:
Di dalam kita menjalankan bisnis ini, kita tidak seorang diri. Tetapi kita akan bersama-sama dengan rekan kerja dan kita saling membantu. Pada saat awal kita akan dibimbing dan diarahkan oleh rekan kerja kita yang lebih berpengalaman. Tetapi nantinya kita juga harus membimbing rekan kerja kita
7. Expansi tanpa ada batasan area pemasaran:
Kita bisa melakukan expansi usaha kita kemanapun saja tanpa ada batasan area pemasaran. Kitapun juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk tempat.
8. Mempersiapkan masa pensiun kita
Polis yang kita miliki mempersiapkan perlindungan untuk kita sekeluarga, jaringan rekan kerja yang kita bangun akan menjadi pondasi dasar bagi kita untuk memiliki pendapatan yang luar biasa
9. Kebebasan waktu:
Kita bisa memiliki kebebasan waktu di dalam mengatur kapan kita bekerja. Hal ini yang membuat orang dengan profesi apapun bisa menjalankan bisnis ini. Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, profesional, pengusaha, guru, dokter, pegawai negeri, executive di perusahaan, dll
10. Penghargaan atas pencapaian prestasi:
Disaat kita mencapai prestasi, ada banyak sekali penghargaan yang akan kita peroleh.
Penghargaan-penghargaan yang bisa kita peroleh :
Dimuatnya profil kita ke dalam majalah yang bersifat nasional
Recognize pada event yang bertaraf nasional mendapatkan jas, pin, plakat
Jalan-jalan ke Luar Negeri
Champion Club(pertemuan khusus untuk peringkat-peringkat tertinggi di Panin Life)
Kick Off meeting di adakan setiap awal tahun
Bahkan ada penghargaan yang bertaraf internasional, dimana kita bisa diakui oleh internasional dalam event MDRT (Million Dollar Round Table). Menghadiri event yang di hadiri oleh orang yang berhasil di bisnis asuransi dari seluruh dunia di Luar Negeri

Banyak orang yang berpikir negatif tentang ASURANSI. Mengapa?:
1.Saat ini saya sekeluarga dalam keadaan sehat dan tidak ada yang sakit – saya tidak butuh asuransi.
Banyak orang yang berfikir dirinya sehat dan tidak ada yang sakit. Justru di saat sehat kita membutuhkan asuransi jiwa. Kita harus mempersiapkan perlindungan untuk keluarga kita pada masa yang akan datang dengan memiliki asuransi. Selama masa pertangungan apabila ada anggota keluarga yang sakit, maka biaya pengobatan akan ada yang menjamin, bahkan bila pemegang polis kehilangan pendapatan disaat sakit, ada pendapatan yang diterima untuk mengantikan pendapatan yang hilang akibat tidak dapat bekerja. Bahkan apabila terjadi cacat/meninggal, akan ada uang pertangungan yang diberikan pada pihak keluarga dan bisa menjadi dana pensiun apabila disaat masa akhir pertangungan tidak terjadi apa-apa pada diri yang tertanggung.
2. Apabila terjadi sesuatu (sakit, meninggal) Proses klaim susah & lama.
Proses klaim Asuransi tidak susah, asalkan data yang dibutuhkan lengkap dan benar. Kelengkapan data sangat di butuhkan oleh pihak asuransi untuk menghindari kecurangan dan manipulasi data dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Setelah semua dokumen yang dibutuhkan telah diterima dan sesuai dengan prosedur yang ada, maka uang pertanggungan (UP) akan langsung diterima oleh nasabah. Seringkali yang membuat proses klaim terkesan agak lama, karena dibutuhkan waktu bagi Pihak tertangung menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan perusahaan akan melakukan verifikasi dengan memastikan semua sesuai dengan prosedur. Proses ini akan berlangsung dengan cepat apabila kita dapat menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dengan cepat
3. Bagaimana seandainya perusahaan asuransi yang menangung polis saya tutup
Inilah kenapa kita harus selektif di dalam memilih perusahaan asuransi yang sehat dan terpercaya. Panin life memiliki RBC (Risk Based Capital) sebesar 751%(data tahun 2006) artinya apabila semua nasabah melakukan klaim pada saat yg bersamaan maka panin life memiliki modal 751% untuk mengcover nya. Sedangkan aturan pemerintah menyatakan bahwa perusahaan asuransi sehat apabila memiliki RBC 120%(data tahun 2006).Ini artinya Panin Life memiliki modal lebih dari 6X dari yang ditetapkan minimalnya oleh pemerintah untuk Keamanan Nasabah. Selain itu panin life 43,26% sahamnya dimiliki oleh public dan asing – sehingga ada transparansi dalam keuangannya. Juga adanya reasuransi yang dilakukan pada asuransi internasional seperti swis re-insurance company, munic re, city life insurance, reasuransi internasional Indonesia, maskapai reasuransi Indonesia artinya ada backup asuransi internasional yang menopang, sehingga sangat aman dan banyak nya penghargaan dan prestasi yang didapatkan oleh panin life menunjukkan bahwa panin life merupakan perusahaan yang kuat dan terpercaya

Banyak ASURANSI di luar, Kenapa PANIN LIFE?
Keunggulan bisnis PANIN LIFE :
Faktor Internal :
1.Perusahaan :
Panin life merupakan bagian dari panin group, group usaha yang konservatif dan aman – versi SWA 1 mei 2002. termasuk dalam 12 konglomerat indonesia
Panin group mempunyai patner internasional:
Australia & New Zealand banking group (ANZ panin)
Credit lyonnais French – clipan finance
Internasional finance corp – panin overseas finance
Dai-ichi kangyo bank – panin leasing
Schorders (England) – schorders investment manajemen
South east asia venture, maybank –bank no 1 di Malaysia
Panin Life mendapatkan Penghargaan Nasional:
Panin life merupakan emiten terbaik no 2 – majalah investor 2006
Asuransi no 1 berdasarkan besarnya modal dan asset –majalah investor july 2007
Asuransi no 1 kelompok go public – majalah infobank 340 july 2007
Emiten no 1 terbaik – majalah investor 145 tahun 2006
Asuransi Jiwa modal terbesar no 1 – media asuransi juni 2007
Asuransi jiwa go public no 1 – majalah info bank 340 juli 2007
Asuransi Top 3 terbaik (kelas atas) – majalah investor IX / 169
Panin Life mendapatkan Penghargaan Internasional:
Termasuk dalam 200 perusahaan public Asia pacific – Majalah Forbes 31 Okt
2005
Patner /backing support panin life:
REASURANSI
Swiss-Reinsurance Company
Munich-Re
MetLife
Reasuransi International Indonesia (ReIndo)
Maskapai Reasuransi Indonesia (MAREIN)
MANAJER INVESTASI
Schroders – Schroders Investment Management Indonesia (Award)
(Manajer Investasi dari Inggris dengan reputasi > 200 tahun). Lebih dari 75 tahun mengelola aset global US$ 204 M. Dana kelolaan di Indonesia > Rp 10 triliun (22 %)
Danareksa Investment Management (BUMN dan Manajer Investasi (award).
Dana kelolaan di Indonesia Rp 9 triliun.
BANK KUSTODIAN
Deutsche Bank (Bank Kustodian German terbesar no 2 di dunia).
CITI Bank (Financial Services & Bank Kustodian terbesar berpusat di USA).

Profil panin life: Keterangan Makna
– Reputasi mulai tahun 1974 34 Tahun Dipercaya
– modal sendiri < 3,7 Triliun Peringkat no 1 terbesar Kuat
– Asset/ aktiva < 5,1 Triliun Peringkat no 5 terbesar Besar
– Risk Based capital 751% Solvency diatas 120% Sehat
– Premi netto > 1,1 Triliun Peringkat 9 terbesar Pemain pasar
– Laba sebelum pajak 323 Milyard Aman
– ISO 9001 : 2000 dari URS Standart mutu internasional Kualitas
– Superbrand 2003 – 2004 Predikat sangat bagus Bagus
– Go public I tahun 1983 Perusahaan Public Transparan
– Klaim > 2 triliun (20tahun) Mudah dan cepat Profesional
– Emiten terbaik no 1 Sektor asuransi Prestasi baik
– Asuransi terbaik no 1 Kel Go Public dgn Predikat Sangat baik
peringkat 1 triliun ke atas
– 200 finest Asia Company Forbes Asia Magazine 31 OCT 2005 World Class

2. Produk :
Produknya yang berupa MULTILINKED memberikan banyak manfaat kepada setiap nasabahnya baik dalam segi pelayanan, proteksi, maupun investasi.
Dengan produk istimewa yang dapat mengcover ayah, ibu dan 3 orang anak hanya dalam 1 polis
(Disarankan ikuti training PK untuk mengetahui lebih dalam mengenai keunggulan produk PANIN LIFE, bagaimana starategi memasarkannya).

3. Bisnis Plan Panin life:
Adil dan besar, pendapatan ditentukan dari bagaimana kita menjalankan/melakukan bisnisnya. Besarnya pendapatan yang diterima bukan ditentukan dari siapa yang pertama kali bergabung atau dengan siapa kita bergabung, tetapi dari prestasi yang bisa diraih.
Adanya pembagian yearly bonus, quarterly bonus, persistency bonus, bonus recruit, overriding dan PAM-PAM sampai 5 generasi.
Di PANIN LIFE telah terbukti melahirkan begitu banyak jutawan berkat sistem Bisnis Plan PANIN LIFE.

4. Mempunyai Support System yang luar biasa, yaitu BRIDGE, yang:
BRIDGE telah berpengalaman dan sudah mencetak banyak orang yang berhasil di
dalam bisnis.
System pelatihan yang sistematis dan telah terbukti, sehingga semua orang bisa
berhasil
Pelatihan 5 training dasar gratis yang memastikan FA baru bisa berkembang.
Hanya ada 1 Support System di PANIN LIFE yaitu BRIDGE.
Program pendidikan yang berjenjang (dasar, menengah, dan lanjutan) bagi FA yang
berupa pertemuan2, seminar, dan pelatihan2, misalnya BBO, 5TD, BISA, B-PRO, B-
GREAT. Alat-alat pendukung yang berjenjang, berupa buku dan kaset sesuai dengan
kebutuhan mulai dari dasar sampai lanjutan.

(Pesan utk trainer : Promosikan Pertemuan terdekat (BBO/BISA/B-PRO/B-GREAT) kepada peserta training)

5 Promo-promo yang menunjang
PERANG BONUS
Jalan-jalan ke Luar Negeri dll

Faktor external :
1.Pangsa pasarnya luas. Setiap orang dari berbagai latar belakang dapat menjalankan bisnis
ini. Contoh: ibu RT, pegawai, pengusaha, dokter, karyawan dll.

2.Area pemasaran bebas: kita bisa mengembangkan bisnis PANIN LIFE kemanapun. Untuk
melakukan ekspansi/membesarkan usaha tidak membutuhkan tambahan modal, hanya
menambah rekan kerja dan nasabah baru.

3.Tidak terpengaruh dengan pasar global.
Terjadi Globalisasi dalam sektor bisnis maupun profesional karena masuknya
perusahaan asing dan para profesional asing di Indonesia. Dengan masuknya perusahaan
dan profesional asing tersebut, akan berpengaruh kepada perusahaan lokal, pegawai
lokal, dokter lokal atau profesi lokal, karena konsumen mereka akan beralih ke
perusahaan (profesional) asing itu.
Contoh: dulu sepeda motor Jepang menguasai pangsa pasar sepeda motor; ketika sepeda motor Cina masuk, pangsa pasarnya harus berbagi, hal ini juga akan terjadi dengan bisnis dan pekerjaan yang lain.
Bisnis PANIN LIFE tidak akan terpengaruh dengan globalisasi, karena
Bisnis Asuransi saat ini sudah globalisasi, ditandai dengan masuknya banyak Perusahaan Asuransi Asing. Dalam kondisi globalisasi, pertumbuhan Panin Life sangat luar biasa. Dapat kita ketahui dari Pencapaian prestasi yang ada.

4. Kebebasan finansial:
Kita bisa mewujudkan semua impian kita (mobil, rumah,menyekolahkan anak di sekolah yang terbaik,dll) tanpa memikirkan berapa yang harus dibayar.

5. Kebebasan waktu: kita bisa mengatur waktu kita sendiri (kapan kita mau berlibur, mengantar anak sekolah, berkumpul dengan keluarga,dll).

III. POWER OF DUPLICATION
Dalam bisnis PANIN LIFE, orang yang mendapatkan hasil terbanyak adalah mereka yang benar-benar berjuang untuk mencapai kesuksesan mereka. Banyak yang bertanya, apakah mungkin saya memiliki ratusan bahkan ribuan rekan kerja di bawah saya? Bagaimana prosesnya, kenapa bisa demikian? Hal ini akan dijelaskan dengan ‘POWER OF DUPLICATION’(Teori Duplikasi). Kalau Anda hanya berkomitmen 1 bulan merekrut 1 orang dan rekan kerja yang anda rekrut juga mempunyai komitmen yang sama. Setelah 1 tahun berapa rekan kerja yang akan anda miliki?
1.2 7. 128
2.4 8. 256
3.8 9. 512
4.16 10. 1024
5.32 11. 2048
6.64 12. 4096
Maka dalam 1 tahun Anda memiliki 4096 orang rekan kerja, itulah kekuatan duplikasi. Tetapi seringkali orang baru menjalankan 6 bulan mereka sudah berhenti, mereka pikir bisnis seperti bisnis PANIN LIFE dapatnya kecil. Itu hal yang wajar, pada bulan ke6, rekan kerja kita baru 64 orang. Kalau masing-masing mempunyai omset premi Rp.1jt, maka yang kita dapatkan 64 x 1jt= Rp 64jt. Tetapi kalau kita mau bersabar 6 bulan lagi yang kita dapatkan bukan Rp 64jt di kali 2 tetapi 4096 x 1jt= Rp 4,096M. Andai kita mendapatkan bonus PAM, maka kita akan mendapatkan Rp.4,096M x 18% = Rp.737,28jt. Kita harus sabar dalam membangun jaringan kerja kita. Sabar berbeda dengan lambat dan malas. Sabar itu berarti kita bisa memahami bahwa untuk memiliki jaringan besar itu butuh waktu.

IV.PERSIAPAN AWAL
Lima persiapan awal yang harus dilakukan distributor dalam menjalankan bisnis Bridge :
1. MENTAL & SIKAP
1.1 Hilangkan rasa Malu/Gengsi/Takut
Misalnya:
a.Anda adalah seseorang yang mempunyai kedudukan di kantor (contoh: Manajer); Anda
malu/gengsi untuk menawarkan asuransi ini, presentasi ke rumah orang di kampong
(contoh: rumah bawahan anda),
b.Anda memiliki latar belakang pendidikan rendah (misal: tidak kuliah) takut memprospek
atasan anda di kantor, saudara anda yang lebih sukses dll,
c.Takut terhadap perkataan dan pikiran orang lain….pulang malam di-gosip-kan. Tidak
perlu bingung apa kata orang, orang tua, mertua istri, suami, tetangga, saudara, teman kalau kita pulang malam. Apa kata orang nanti ??? Padahal tidak ada agama yang mencantumkan di kitab sucinya bahwa pulang malam itu berdosa.
d.Apakah Anda takut bila tersenyum dengan orang? Toh Anda tidak akan ditendang bila
tersenyum, jadi kenapa takut?
Solusinya :
Selama perbuatan itu tidak berdosa kenapa tidak dilakukan. Melakukan presentasi, kenalan dan follow up tidak termasuk perbuatan dosa. Jadi lakukan saja. Misalnya kenapa harus malu/gengsi/takut, yang kita lakukan adalah membantu orang untuk mendapatkan kesehatan dan pendapatan. Selama perbuatan itu tidak berdosa kita tidak perlu malu. (Peragakan meniru gaya monyet selama 3 tahun dan setelahnya bisa memiliki pendapatan 30 juta/bulan ).
Yang perlu diingat: Jangan pernah minta nasihat pada ketakutan !

1.2. Miliki Sikap yang Positif/Positive thinking
Selalu melihat segala kejadian dari sisi positif (contoh: kalau ban mobil anda gembos,
tidak perlu marah. Anda marahpun, ban anda tidak mungkin bisa kembali ke keadaan
semula. Berpikirlah bahwa pasti ada sesuatu di balik kejadian itu, mungkin Tuhan mau
menyelamatkan kita dari kecelakaan. Diputus pacar, nggak perlu sedih bisa cari lagi,
mungkin TUHAN mau mengirim yang lebih baik).
Milikilah sikap positif, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada anda.
Misalnya: kartu anggota sudah lama belum diterima; no. rekening/ nama di formulir
pendaftaran yang tidak cocok dengan rekening di bank akibatnya tidak terima bonus. Hal
itu bisa terjadi karena tidak ada administrasi yang sempurna karena yang meng-input data
adalah manusia.
Jika hal di atas terjadi pada rekan kerja anda, jadilah PEMADAM KEBAKARAN yang
baik. Jangan kita memperkeruh suasana atau membuat rekan kerja kita patah semangat,
marah, yang akhirnya juga akan berdampak pada jaringan kita. Karena semua masalah
pasti ada solusinya. Jika belum selesai tanyakan pada upline anda.
1.3. Antusias
Setiap anda menawarkan bisnis PANIN LIFE ke setiap orang baik yang anda kenal maupun belum anda kenal, lakukan dengan semangat & antusias yang tinggi.

1.4. Bisa Tidak Bisa Harus Bisa/ Tidak Mudah Putus Asa
Apabila anda mengalami kegagalan, segera lakukan sesuatu yang bisa membuat semangat anda kembali menyala.
Misal dengan datang ke kantor dan duduk di depan counter sambil memperhatikan agent-agent yang memasukkan polis saat itu. Dengan cara ini maka semangat anda akan muncul kembali. Pemikiran kalau orang lain bisa kenapa saya tidak bisa. Maka prinsip BISA TIDAK BISA HARUS BISA akan muncul.
Ingatlah Komitmen Anda ! Untuk menghindari masalah Putus Asa, Anda bisa mengkoleksi kata-kata orang besar dan memahami artinya, contoh : “Aku dilahirkan sebagai seorang juara” atau “Hatiku teguh, seteguh batu karang”
Setiap kegagalan pasti ada hikmahnya, dan setiap usaha pasti ada hasilnya

2. POLA PIKIR PENGUSAHA
2.1.Rekan Kerja adalah REKAN KERJA
Perlakukan sebagai REKAN KERJA. Di dalam bisnis PANIN LIFE tidak ada atasan dan bawahan melainkan PARTNER BISNIS yang sejajar.
Kalau anda punya rekan kerja baru:
Harus dibimbing, ikut training yang mana, buku mana yang harus dibaca, kaset mana yang harus didengar terlebih dahulu. Kita tidak ingin punya rekan kerja yang tidak mengerti apa-apa.
Dilakukan pendampingan ke rekan kerja junior untuk training, presentasi dan follow up supaya rekan kerja kita tahu bagaimana cara menjalankannya. Layaknya seperti bayi, kita mengajarkan dengan proses mulai dari disuapin, diajarkan pegang sendok sampai bisa makan sendiri. Dalam bisnis PANIN LIFE, Misal:Presentasi; Dilakukan pendampingan presentasi, berikutnya di role play, setelah itu biarkan dia melakukan presentasi 3x (kita ikut mendengar) bila sudah baik berarti dia sudah bisa presentasi sendiri dan mendampingi rekan kerja junior-nya.
Kesalahan yang sering terjadi:
a.Menganggap rekan kerja junior sebagai pegawai/ bawahan.
b.Berpikir bahwa rekan kerja junior kita tidak bisa melakukan sendiri, kita terus yang melakukan (akhirnya rekan kerja junior menjadi tidak berani dan tidak mampu)
c.Membiarkan rekan kerja junior kita melakukan sendiri tanpa kita pernah melakukan pendampingan.
Sebagai rekan kerja, kita harus mengupayakan agar mereka memiliki :
a.Pemikiran
b.Pengetahuan
c.Tindakan
d.Sikap (kesabaran, melayani, kepekaan, membimbing, memotivasi) sebagaimana seorang distributor yang PROFESSIONAL.
Pastikan pengetahuan dan kemampuan rekan kerja Anda bisa seperti Anda
2.2.Mau belajar/Teachable
Kalau kita mau buka usaha baru, kita harus belajar mengenai usaha baru tersebut. Caranya melalui
4M (membaca buku, mendengarkan kaset, mengahadiri pertemuan, melihat VCD/DVD motivasi)
Konsultasi dan
Pengalaman diri kita dan orang lain
Contoh: rekan kerja yang baru bergabung inginnya langsung ke prospek untuk presentasi atau menjual tanpa mengikuti 5 training dasar. Hal ini bagaikan orang yang mau maju ke medan perang tanpa senjata, akhirnya MATI kutu karena menghadapi berbagai macam pertanyaan yang tidak bisa mereka jawab. Hal ini membuat mereka menjadi putus asa.
Solusinya :
Kalau rekan kerja junior mau ikut 5 training dasar, ia akan tahu dan mengerti dasar serta cara menjalankan bisnis ini. Karena sebagian besar pertanyaan dari prospek sebenarnya sudah ada jawabannya di 5 training dasar.

2.3.Bedakan antara biaya dan investasi :
Di dalam bisnis selalu ada biaya dan investasi, tetapi jangan sampai kita salah dalam mengalokasikan.

A. Biaya dibagi menjadi 2:
a.Biaya Tetap. Contoh: Makan, pakaian (di bisnis manapun juga mengeluarkan biaya itu)
b.Biaya Tidak Tetap. Contoh: transport, telepon.
Ada sebagian orang merasa dengan aktif di PANIN LIFE besar pasak daripada tiang, ini terjadi karena ada kesalahan di dalam pengelolahan keuangan saat menjalankan seperti:
Makan, tidak berarti harus selalu makan di luar, tetapi kita juga bisa menghemat dengan cara membawa makan dari rumah.
Bensin habis banyak ternyata digunakan untuk antar jemput pacar(biaya)
Biaya telepon menjadi membengkak ternyata digunakan untuk ngrumpi, solusinya kalau mau mengundang prospek tidak perlu ngobrol berjam-jam (max 5 menit), jangan follow up lewat telepon.
B. Investasi
Kalau anda mendapatkan keuntungan dari penjualan eceran dan bonus sebaiknya digunakan untuk investasi yaitu; membeli perlengkapan yang masih belum anda miliki mis: kaset, buku, atau untuk mengikuti pelatihan-pelatihan untuk pengembangan diri misal : B-GREAT,B-PRO,BISA.
Dengan melakukan investasi, kemampuan kita akan meningkat sehingga income kita juga akan meningkat. Kita akan lebih bisa menghadapi banyak orang dan menjawab banyak problem yang ada dalam bisnis kita.

2.4.Hukum 80 : 20
Kalau sampai anda prospek 10 orang dan hanya 2 orang saja yang merespon maka hal itu wajar. Hal ini tidak akan terjadi terus menerus dengan bertumbuhnya diri kita maka persentase tersebut akan semakin besar untuk berhasil. Tidak setiap orang yang kita prospek, langsung mau bergabung atau membeli produk.
Dari 10 orang yang diundang 2 orang yang datang, itu wajar. 10 orang yang datang, 2 orang yang bergabung. Dan 10 orang yang bergabung 2 orang yang serius menjalankan, itu WAJAR.
Contoh: orang yang datang di PLAZA, lebih banyak yang hanya cuci mata daripada membeli barang

3. WAKTU
MODAL yang diberikan kepada TUHAN kepada kita ada 2 yaitu DIRI KITA dan WAKTU. Kita harus mengelola waktu sebaik-baiknya. Kita harus membuat jadwal kerja apapun profesi kita , baik sebagai karyawan maupun pengusaha.
Hal-hal yang harus kita perhatikan:
a.Milikilah Rencana Kerja Harian.
Bagaimana membuat RKH? Siapkan janji anda untuk bertemu dengan prospek 2 hari sebelumnya. Masukkan setiap janji yang sudah dibuat dalam agenda kerja. Selalu milikilah rencana cadangan (plan A dan plan B) bila rencana yang anda susun batal, contoh : blind prospect, follow up, prospek tetangga rumah prospek kita dll.
b. Tetapkan Prioritas Waktu
Jika kita baru memiliki/memulai bisnis ini kita perlu meluangkan waktu dulu agar bisa berkembang dan besar. Pahamilah mana yang harus didahulukan (contoh : cuci mobil, isi bensin, cat rumah, presentasi, arisan keluarga). Pikirkan mengenai efisiensi waktunya. Jangan dibuang percuma santai nonton TV atau sesuatu yang bisa kita kesampingkan dulu. BERMAIN DULU MEMBAYAR KEMUDIAN ATAU MEMBAYAR DULU BERMAIN KEMUDIAN!.

c.Komitmen RKH
Bapak/ ibu sekalian, anda harus menjalankan bisnis ini layaknya anda menjalankan usaha anda sendiri atau ada bekerja sebagai seorang karyawan. Cth: Bangun pagi anda mau berangkat ke kantor tiba2 hujan, BERANGKAT atau TIDAK? Agak sedikit pusing…tapi anda masih bisa bangun dari tempat tidur…. Kira-kira BERANGKAT atau TIDAK? Untuk mendapatkan hasil di bisnis ini kita membutuhkan KOMITMEN RENCANA KERJA HARIAN (RKH).

4. PENAMPILAN
Penampilan sangatlah penting untuk diperhatikan karena membuat kesan pertama yang baik. Sebab hal itu menentukan apakah orang yang kita presentasi mau mempercayai dan mendengarkan apa yang akan kita presentasikan. Sebagai seorang profesional, kita harus berpenampilan sebagai seorang profesional pula. Penampilan kita TIDAK HARUS MAHAL tetapi RAPI dan BERSIH. Yang perlu diperhatikan adalah:
Untuk laki-laki :
1.rambut jangan gondrong atau semir, jangan lupa cuci rambut.
2.penampilan wajah (kotoran mata, kumis, bulu hidung, makanan pada gigi)
3.bau mulut, bau badan
4.memakai baju hem lengan panjang dan usahakan pakai dasi.
5.memakai celana kain(bukan celana jeans),
6.sepatu kerja, kaos kaki (ganti setiap hari dan tidak berlubang)
Untuk Wanita :
1.rambut rapi bersih dan tidak disemir warna warni, jangan lupa cuci rambut
2.penampilan wajah (kotoran mata,makanan pada gigi, make up yang sesuai)
3.bau mulut, bau badan
4.kuku tidak terlalu panjang dan tidak diberi cat warna warni
5.baju kerja (jangan pakai rok terlalu mini, atau “you can see”)
6.sepatu kerja

5. PERLENGKAPAN
Sama dengan profesi yang lain, seorang pengusaha juga perlu memiliki perlengkapan untuk bisa berhasil ( ilustrasi : Rambo, kalau pergi berperang tanpa membawa senjata maka akan dibantai oleh musuh ), yaitu :
1.Starter kit
2.Buku berpikir dan menjadi sukses
3.Buku Cashflow Quadrant
4.Agenda (Pesan utk trainer: Promosikan Agenda)
5.Paket Informasi (Pesan utk trainer : Promosikan Infopack)
6.Alat Tulis/Bolpoint kerja ( trainer harus bawa sendiri contoh bolpoin bagus dan jelek )
7.Kartu Nama (Pesan utk trainer: Promosikan)
8.Tas Kerja
9.Formulir Pendaftaran
10.Manual Guidance Bridge (MGB)
11.Jadwal kerja bulanan dan Jadwal Nasional. (Pastikan semua rekan kerja anda dapat jadwal).
12.Kertas HVS untuk kertas buram waktu presentasi

Supaya kita bisa memaximalkan pendapatan yang bisa kita peroleh, kita perlu memahami Bisnis Plan dari Panin Life.

ISTILAH – ISTILAH
Uang pertanggungan
Adalah sejumlah uang yang sebagaimana tercantum dalam Ringkasan/Data Polis, yang merupakan nilai pertanggungan yang akan dibayarkan oleh Penanggung jika syarat-syarat pembayarannya sebagaimana tertera dalam Polis telah dipenuhi.
Premi
adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh Pemegang Polis kepada Penanggung sehubungan dengan adanya perjanjian pertanggungan.
­ Top Up: Penambahan dana Investasi
­ Top up regular: Top up yang di bayarkan pada setiap jatuh tempo pembayaran premi
­ Top up tunggal : penambahan dana investasi setiap saat
– Business In
Adalah produksi yang dihasilkan oleh seorang Agent Asuransi
– Basic Commission
Adalah komisi yang diterima oleh Agent atas presentase premi dasar
– Yearly Bonus
Adalah bonus yang diterima oleh Agent atas hasil kerjanya selama satu tahun
– Quarterly bonus
Adalah bonus yang diterima oleh Agent setiap tiga bulan sekali
– Persistency bonus
Adalah bonus yang diterima oleh Agent karena kemampuannya dalam mempertahankan klien pada tahun kedua
– Bonus recruit
Adalah bonus yang di dapat Agent dari perekrutan Agent langsung di bawahnya saja
– Overriding
Adalah kompensasi yang diterima oleh seorang Leader atas pembinaan agent dibawahnya langsung atau leader (manager) di bawahnya langsung. Termasuk produksi pribadinya sendiri.
– Total Income
Adalah jumlah total penghasilan yang akan kita terima selama satu tahun meliputi semua yang telah disebutkan di atas
– API (Anual Premium Income)
Adalah metode perhitungan produksi seorang Agen selama satu tahun

Hak & Kewajiban Agent PT. PANIN LIFE tbk
Seseorang akan resmi menjadi Agen/FA(Financial Advisor) bila produksi minimal 1 polis.
FA (Financial Advisor) akan mendapatkan bonus recruiting jika berhasil merekrut agen lain.Syarat FA untuk mendapatkan bonus recruiting yaitu dalam waktu 6 bulan bisa closing 6 polis (bonus akan dihitung di bulan ke tujuh) atau dapat dipercepat waktunya sebelum 6 bulan harus closing 10 polis (maka bonus akan mulai di hitung pada bulan berikutnya saat polis ke sepuluh di dapatkan)

PERINGKAT
1. FA (Financial Advisor):
Syarat FA :
Closing Min 1 Polis
Mendapatkan AAJI License
Untuk Mempertahankan Peringkat FA pada Tahun Berikutnya:
– Mempertahankan minimal API 18.000.000 dan 6 polis dalam 1 Tahun.

Penjualan pribadi
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Commission
30%
30%
15%
Quartal bonus
3%

Year End Bonus
12%

Persistency

12%

Contest
Sesuai dengan promosi yang berlaku saat itu

Besarnya persentase Quartal Bonus yang diterima ditentukan dari berapa besar API yang terkumpul pada tahun pertama
New Business Production (API)
Persentase yang di dapat
< 18.000.000
0
18.000.000 – 30.000.000
1,5%
> 30.000.000
3%

Besarnya persentase Year End Bonus yang diterima ditentukan dari berapa besar API yang terkumpul pada tahun pertama

New Business Production (API)
Persentase yang di dapat
< 12.500.000
0
12.501.000 – 25.000.000
1,5%
25.001.000 – 37.500.000
3%
37.501.000 – 50.000.000
4,5%
50.001.000 – 62.500.000
6%
62.501.000 – 75.000.000
7,5%
75.001.000 – 87.500.000
9%
87.501.000 – 100.000.000
10,5%
> 100.001.000
12%

Besarnya persentase Persistensi Bonus yang diterima ditentukan dari berapa besar API yang terkumpul pada tahun kedua.

Persistency Rate (%)
Persentase yang di dapat
< 60
0
60 – < 65
1,5%
65 – < 70
3%
70 – < 75
4,5%
75 – < 80
6%
80 – < 85
7,5%
85 – < 90
9%
90 – < 95
10,5%
> 95
12%

FA to FA
Syarat Pribadi
Bergabung 6 bulan & closing minimal 6 polis / bergabung ≥ 6 bulan closing minimal 10 polis
FA Omset < 120 jt
3%

FA Omset > 120 jt
3% + 3%

Asumsi pendapatan seorang FA (Financial Advisor)
1 hari bertemu dengan 2 orang
1 minggu (5 hari kerja) à dalam 1 minggu, 5 x 2 = bertemu 10 orang
Berdasarkan hukum rata-rata (80:20), maka kemungkinan closing 2 orang/minggu
1 bulan (4 minggu) closing 8 orang

Asumsi 1 orang mengambil premi sebesar Rp.1.000.000,-/bulan
1 bulan à 8 orang x Rp.1.000.000,-/bln = 8.000.000,-/bln
1 tahun à 12 bulan x Rp.8.000.000,-/bln = 96.000.000,-/bln
Total omset produksi 1 tahun (API x 12) à Rp 96.000.000,-/bln x 12bln/thn
= Rp.1.152.000.000,-/thn

Total Income
Komisi tahun 1 à 30% x Rp.1.152.000.000,- = Rp.345.600.000
Quarterly Bonus tahun 1à 3% x Rp.1.152.000.000,- = Rp. 34.560.000
Yearly Bonus tahun 1 à 12% x Rp.1.152.000.000,- = Rp.138.240.000 +
Total Income = Rp.518.400.000/b
= Rp. 43.200.000/bln

2. SEM (Sales Executive Manager)
Syarat
SEM (Sales Executive Manager)
Omset Pribadi
API 120.000.000
Network
min 4 Direct FA dan Min API Team 360.000.000

Untuk mempertahankan peringkat SEM pada tahun berikutnya:
Mempertahankan minimal API 180.000.000
Mempunyai Minimal 4 FA Aktif

Penjualan Pribadi
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Commission
30%
30%
15%
Quartal Bonus
3%

Year End Bonus
12%

Persistency

12%

Override

FA
10,50%
7,50%

Asumsi pendapatan seorang SEM (Sales Executive Manager)
Penjualan pribadi = Rp. 518.400.000,-/tahun (total income FA/thn)
Asumsi Mensponsori 1 FA/bln = 12 FA/thn
Dari 12 FA ada 4 FA yang aktif duplikasi @Rp. 1.152.000.000,-/thn
Omset 4 FA aktif à 4 x Rp. 1.152.000.000,-/thn = Rp. 4.608.000.000,-/thn.

Total Income
Persentase dari FA à 18% x Rp. 4.608.000.000,-/thn = Rp. 829.440.000
Penjualan Pribadi = Rp. 518.400.000 +
Total Income = Rp. 1.347.840.000,-/thn
= Rp. 112.320.000,-/bln
3. PAM (President Agency Manager)

Syarat
PAM (President Agency Manager)
Omset Pribadi

Network
Min 4 Direct FA dan 1 SEM dengan 4 FA
Min Total API Team 1.08 M

Untuk mempertahankan peringkat PAM pada tahun berikutnya:
Mempertahankan Total API min 780.000.000 ATAU
Mempertahankan Qualifikasi SEM.

Penjualan Pribadi
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Commission
30%
30%
15%
Quartal Bonus
3%

Year End Bonus
12%

Persistency

12%

Override

FA
18%
12%

SEM
7,50%
4,50%

PAM to PAM (Generation to Generation)

Syarat
PAM
Omset direct group di luar PAM sebesar 1,44 Milyar
Override/tahun
1
2
PAM tingkat 1
3,30%
3%
PAM tingkat 2
1,80%
1,50%
PAM tingkat 3
1,50%
0,90%
PAM tingkat 4
1,20%
0,60%
PAM tingkat 5
0,90%
0,30%

Asumsi pendapatan seorang PAM (President Agency Manager)
*Syarat: Omset minimal menjadi SEM = Rp. 1.080.000.000,-
Penjualan pribadi = Rp. 518.400.000,-/tahun (Total Income FA/thn)
Asumsi terbentuk 2 SEM aktif

Total Income
Persentase dari SEM à 12% x (2 org x Rp. 4.608.000.000,-/thn) = Rp. 1.105.920.000,-
Persentase dari FA à 18% x (4 org x Rp. 1.152.000.000,-/thn) = Rp. 1.382.400.000,-
Penjualan Pribadi = Rp. 518.400.000,- +
Total Income = Rp. 3.006.720.000,-/thn
= Rp. 250.560.000,-/bln
Note:
Kenaikan tingkat menggunakan kalender tahun
Kategori aktif punya 6 polis pertahun
PAM omset di bawah 720 juta demosi menjadi SEM
Contest di tahun pertama saja
Persentase di hitung dari premi

Potensi pendapatan SPAM l
*Syarat: omset minimal menjadi PAM = Rp. 3.240.000.000,-
Penjualan Pribadi = Rp. 518.400.000,-/tahun (Total Income FA/thn)
Asumsi terbentuk 2 PAM Aktif
1 PAM Aktif:
Omset 2 SEM aktif à 2 x Rp. 4.608.000.000,-/thn = Rp. 9.216.000.000,-/thn
Omset 4 FA aktif à 4 x Rp. 1.152.000.000,-/thn = Rp. 4.608.000.000,-/thn
Omset pribadi à = Rp. 1.152.000.000,-/ thn +
Total Omset Produksi à = Rp. 14.976.000.000,-/thn

Total Income
Persentase dari PAM à 6,3% x (2 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp. 1.886.976.000,-
Persentase dari SEM à 12% x (2 org x Rp. 4.608.000.000,-/thn) = Rp. 1.105.920.000,-
Persentase dari FA à 30% x (4 org x Rp. 1.152.000.000,-/thn) = Rp. 1.382.400.000,-
Penjualan Pribadi à = Rp. 518.400.000,-+
Total Income = Rp. 4.893.752.000,-/thn
= Rp. 407.812.000,-/bln

Potensi pendapatan SPAM ll
Penjualan Pribadi = Rp. 518.400.000,-/tahun (Total Income FA/thn)
Asumsi masing-masing SPAM mencetak 2 PAM Aktif

Total Income
Persentase dari SPAM I à 3,3% x (4 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.1.976.832.000,-
Persentase dari PAM à 6,3% x (2 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.1.886.976.000,-
Persentase dari SEM à 12% x (2 org x Rp. 4.608.000.000,-/thn) = Rp.1.105.920.000,-
dari FA à 30% x (4 org x Rp. 1.152.000.000,-/thn) = Rp. 1.382.400.000,-
Penjualan Pribadi à = Rp. 518.400.000,-+
Total Income = Rp. 6.870.528.000,-/thn
= Rp. 572.544.000,-/bln

Potensi pendapatan SPAM lll
Penjualan Pribadi = Rp. 518.400.000,-/tahun (Total Income FA/thn)
Asumsi masing-masing SPAM ll mencetak 2 SPAM l Aktif

Total Income
Persentase dari SPAM II à 2,4% x (8 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.2.875.392.000,-
Persentase dari SPAM I à 3,3% x (4 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.1.976.832.000,-
Persentase dari PAM à 6,3% x (2 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.1.886.976.000,-
Persentase dari SEM à 12% x (2 org x Rp. 4.608.000.000,-/thn) = Rp.1.105.920.000,-
dari FA à 30% x (4 org x Rp. 1.152.000.000,-/thn) = Rp. 1.382.400.000,-
Penjualan Pribadi à = Rp. 518.400.000,-+
Total Income = Rp. 9.745.920.000,-/thn
= Rp. 812.160.000,-/bln

Potensi pendapatan SPAM lV
Penjualan Pribadi = Rp. 518.400.000,-/tahun (Total Income FA/thn)
Asumsi masing-masing SPAM lll mencetak 2 SPAM ll Aktif

Total Income
Persentase dari SPAM III à 1,8% x (16 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.4.313.088.000,-
Persentase dari SPAM II à 2,4% x (8 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.2.875.392.000,-
Persentase dari SPAM I à 3,3% x (4 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.1.976.832.000,-
Persentase dari PAM à 6,3% x (2 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.1.886.976.000,-
Persentase dari SEM à 12% x (2 org x Rp. 4.608.000.000,-/thn) = Rp.1.105.920.000,-
dari FA à 30% x (4 org x Rp. 1.152.000.000,-/thn) = Rp. 1.382.400.000,-
Penjualan Pribadi à = Rp. 518.400.000,-+
Total Income = Rp.14.059.008.000,-/thn
= Rp. 1.171.584.000,-/bln

Potensi pendapatan SPAM V

Penjualan Pribadi = Rp. 518.400.000,-/tahun (Total Income FA/thn)
Asumsi masing-masing SPAM IV mencetak 2 SPAM III Aktif

Total Income
Persentase dari SPAM IV à 1,2% x (32 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.5.750.784.000,-
Persentase dari SPAM III à 1,8% x (16 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.4.313.088.000,-
Persentase dari SPAM II à 2,4% x (8 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.2.875.392.000,-
Persentase dari SPAM I à 3,3% x (4 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.1.976.832.000,-
Persentase dari PAM à 6,3% x (2 org x Rp. 14.976.000.000,-/thn) = Rp.1.886.976.000,-
Persentase dari SEM à 12% x (2 org x Rp. 4.608.000.000,-/thn) = Rp.1.105.920.000,-
dari FA à 30% x (4 org x Rp. 1.152.000.000,-/thn) = Rp. 1.382.400.000,-
Penjualan Pribadi à = Rp. 518.400.000,-+
Total Income = Rp.19.809.792.000,-/thn
= Rp. 1.650.816.000,-/bln
Catatan:
Tidak diperkenankan adanya polis Twisting:
1.Menjual polis baru dan menutup polis yang lama (surender / lapse) dalam kurun waktu 12
bulan dari penutupan polis yang lama
2.Menutup polis yang lama (surender / lapse) dalam kurun waktu 12 bulan sejak tanggal
penerbitan polis baru.

Apabila terjadi kasus Twisting maka PT Panin Life berhak untuk:
Tidak membayarkan komisi dan overiding untuk penjualan polis baru
Akan menarik lagi semua komisi dan overiding serta biaya kontes yang sudah terlanjur dibayarkan ke Tenaga Pemasar.
Tidak akan menghitung API (Annual Premium Income), FYC (First year Commission), SYC (Second Year Commission) untuk semua kontes dan validasi
Akan memberikan surat peringatan dan terminasi apabila yang bersangkutan melakukan nya berulang2 kali.

Training ditutup dengan Cerita keledai :
( ceritakan dengan menarik)
Ada seorang ayah yang berusia diatas 50 th, bersama dengan anaknya yang berusia 15 th, pergi membawa keledainya untuk dijual di pasar. Selama di perjalanan banyak kejadian yang membuat ayah dan anak ini menjadi sangat kebingungan. Saat pertama kali bertemu dengan seseorang, orang ini menegur mereka berdua, “Sayang sekali kenapa keledai ini tidak ditunggangi, kenapa dua-duanya berjalan?”
Setelah orang itu pergi, sang ayah berpikir benar juga, akhirnya naiklah sang anak, dan dituntunlah keledai itu ke pasar. Tidak lama kemudian mereka bertemu dengan 2 org yang sedang berpapasan, dan satu diantara mereka berbicara begini, “Anak tidak tahu diri kenapa ayahnya disuruh berjalan, anaknya yang naik keledai.” Mendengar komentar ini, mereka berdua berpikir,”Benar juga.” Maka ayah dan anak ini pun tukar, sang ayah yang naik keledai dan anaknya yang menuntun keledai di pasar. Mereka berpapasan lagi dengan serombongan orang yang lain, juga membicarakan mereka,” Ayah yang tidak tahu diri, kenapa anaknya yang berjalan, ayahnya yang naik di atas keledai. Orang tua apa itu.”
Setelah serombongan orang itu mulai menjauh, sang ayah cepat2 turun dari keledai dan mereka bingung bagaimana. Setelah berunding akhirnya mereka memutuskan untuk dua-duanya naik di atas punggung keledai. Tidak lama kemudian, mereka berjumpa dengan serombongan orang yang lain yang berkomentar, “ Tidak mempunyai perikehewanan, masa 1 keledai dinaiki dua orang. Sama sekali tidak punya rasa belas kasihan”
Akhirnya mereka berpikir, kalau begitu kita panggul keledai ini sama-sama sampai di pasar. Setiba di pasar, mereka ditertawakan oleh orang2 di pasar, “kenapa keledai ini dipanggul, kenapa tidak dinaiki saja.”

Intinya : Karena ketidaktahuan, mana yang seharusnya dilakukan, membuat seseorang akan terombang-ambing, tetapi dari cerita ini anda sudah melihat, apa dan bagaimana bisnis ini. Sehingga bila ada orang yang berkomentar bisnis MLM begini-begitu, anda yang lebih tahu, mana yang benar. Jadi sepulang dari training ini jangan sampai anda seperti cerita bapak dan anak tadi yang terombang ambing oleh komentar orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: